Perawatan Pasca Khitan

neo-alisDi zaman ini semakin banyak teknik untuk melakukan khitan. Salah satunya, dengan metode terbaru saat ini ini ialah klamp. Metode ini paling banyak digunakan oleh seluruh dokter di berbagai negara, karenanya, metode ini paling mudah dan praktis digunakan untuk melakukan sunat tanpa harus melalui operasi. Pada dasarnya, klamp terdiri dari dua hingga tiga komponen yang terbuat dari bahan ringan dan kuat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, cepat dan tidak menimbulkan pendarahan serta tanpa jahitan.

Klamp ini digunakan sekali pakai, jadi tidak ada pasien yang menggunakan klamp bekas pasien sebelumnya. Untuk lama penggunaannya, biasanya pasien sunat menggunakan klamp selama tiga hingga lima hari. Setelah itu, alat tersebut dapat dilepas. Pengelepasannya sendiri pun bisa dilakukan oleh si pasien sendiri di rumah maupun oleh sang dokter. Orang dewasa yang melakukan sunat menggunakan klamp ini pun bisa langsung bekerja seperti biasanya.

Apa saja sih perawatan yang dilakukan setelah melakukan sunat dengan Klamp?

  • Ada baiknya untuk menghindari rasa sakit setelah efek obat anestesi habis, minumlah obat analgesik.

Anestesi adalah secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Sedangkan Analgesik adalah sejenis obat yang dibuat untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa harus menghilangkan kesadaran seseorang.

  • Istirahat minimal selama tiga jam untuk menghindari bengkak (edema)

Edema adalah akumulasi abnormal cairan di dalam ruang interstitial (celah di antara sel) atau jaringan tubuh yang menimbulkan pembengkakan.

  • Gunakan air setiap kali sehabis buang air kecil

Gunakan kain kasa atau cutton bud untuk membersihkan tabung smartklamp terutama dibagian sisi dalam tabung. Hal ini berguna untuk menghindari menempel atau menumpuknya sisa bekas air seni (pipis) yang menumpuk di penis.

  • Oleskan betadine disekitar area sunat

Dengan betadine, Luka Cepat Kering karena obat ini dapat mengobati infeksi kulit ringan.

  • Mandi secara teratur untuk tetap menjaga kebersihan

Mandi secara teratur ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan tubuh terutama di bagian penis setelah melakukan sunat. Jangan lupa siram dan bersihkan seluruh tabung klamp lalu keringkan agar tidak lembab. Gunakan handuk untuk melakukan pengeringan. Disarankan untuk mandi menggunakan air yang sudah dicampur dengan antiseptik supaya tabung terhindar dari microba/kuman.

  • Pembukaan klamp

Untuk membuka tabung klamp dilakukan dengan cara menggunting sisi kanan dan kiri tabung dengan gunting kuku. Lalu, menarik posisi kunci ke arah samping luar. Setelah dilepas, oleskan bagian berwarna hitam (necrotic) dengan baby oil secukupnya setiap tiga puluh menit pada bagian dalam dan luar tabung. Ini bertujuan agar kulit menjadi lunak dan mudah dilepaskan. Saat tabung sudah berhasil dilepas, lakukan pengompresan dengan betadin/povidon iodine dengan cara teteskan betadine secukupnya pada kassa,kemudian kompres secara melingkar pada bagian kehitaman (necrotic)  3-6 kali sehari selama 3-5 menit

Gunakan celana berbahan lembut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s